modul ajar

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD

Modul ajar adalah alat seru buat belajar, pokoknya keren banget deh! Isinya macem-macem, ada media, metode, petunjuk, dan aturannya yang dibuat biar enak dan gampang dimengerti. Nah, modul ajar ini tuh bener-bener dibuat sesuai sama apa yang kita harus pelajari, dan tujuannya juga jelas banget. Guru bikin modul ini dengan pertimbangan tahap perkembangan kita, dan pastinya berdasarkan apa yang bakal kita pelajari nanti. Jadi, dengan modul ajar, proses belajar jadi lebih asyik dan nggak bosen deh!

Komponen Modul Ajar

Di sekolah, guru punya kebebasan buat bikin modul pelajaran yang cocok buat kita. Modul ini dibuat sesuai sama lingkungan dan kebutuhan belajar kita. Isinya harus lengkap dengan macem-macem komponen penting buat belajar. Nah, komponen-komponen ini penting banget buat bikin pembelajaran kita jadi mantap. Kita juga bisa nambahin komponen-komponen lain yang kita butuhin, sesuai sama mata pelajaran dan yang kita perlukan.

Nah, jadi, kalo kita mau bikin modul pelajaran, harus ada bagian-bagian pentingnya, nih. Gak bisa sembarangan. Ada yang harus ada biar persiapannya bener buat belajar. Trus, bagian-bagian ini juga bisa ditambahin sesuai sama pelajaran yang kita mau ajarin dan kebutuhan kita, loh. Makanya, penting banget buat ngehapaain komponen-komponen ini.

A. Identitas Modul

Informasi yang dikembangkan terdiri dari:

  • Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya
  • Modul Ajar.
  • Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
  • Kelas
  • Alokasi waktu (penentuan alokasi waktu yang digunakan adalah alokasi waktu sesuai dengan jam pelajaran yang berlaku di unit kerja masing-masing)

B. Kompetensi Awal

kompetensi awal adalah dasar sebelum mulai belajar sesuatu. Jadi, misalnya, sebelum kita masukin materi baru, kita harus punya pengetahuan atau keterampilan dasar dulu. Gitu deh. Nah, jadi kalo modul ajarnya udah dirancang, kompetensi awal itu kayak ukurannya seberapa sih modul itu ngebahas dasarnya. Jadi, semakin dalam dan jelas modulnya ngebahas dasar-dasar, semakin bagus lah. Makanya, penting banget nih buat kita udah punya dasar sebelum mulai belajar yang lebih lanjut.

C. Profil Pelajar Pancasila

Jadi, tujuan paling utama dari pelajaran itu ya buat bikin kita jadi anak yang punya karakter bagus gitu. Nah, kan ada yang namanya Profil Pelajar Pancasila (PPP), ini kan kayak gambaran kita sebagai anak sekolah dalam hal karakter gitu. Nah, waktu kita belajar, baiknya sih isi pelajarannya dan cara ngajarnya bisa mencerminkan PPP ini. Jadi, di modul pelajaran, gak perlu lah nyantumin semuanya, tapi pilih aja yang sesuai sama pelajaran yang lagi kita hadapin. Biar pelajarannya jadi lebih nyambung gitu dengan karakter yang kita mau bangun.

D. Sarana dan Prasarana

Kalo kita lagi ngomongin soal yang namanya sarana dan prasarana buat belajar itu kayaknya nggak boleh di lewatin deh. Jadi, sarana adalah alat dan bahan yang kita pake buat belajar, kayak buku, meja, kursi, gitu deh. Terus, prasarana adalah materi pelajaran dan sumber bacaan lain yang kita perlukan buat belajar.

Ketersediaan materi harus di pikirin banget, harus sesuai sama kebutuhan kita, entah kita punya keterbatasan atau malah kelebihan. Terus, teknologi juga jadi bagian penting buat di pertimbangin. Kalo dipake dengan bener, teknologi bisa bantu kita belajar lebih dalam dan lebih paham, gitu loh. Pokoknya kita harus perhatiin banget sarana, prasarana, dan teknologi yang kita pake buat belajar, biar belajar kita makin asik dan bermakna gitu.

E. Target Peserta Didik

Berikut target peserta didik, dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Peserta didik yang paling biasa, yang namanya peserta didik reguler. Nah, ini kayak anak-anak pada umumnya. Mereka biasanya gak ada masalah dalam ngertiin pelajaran. Makanya, materi ajar biasa aja buat mereka.
  2. Peserta didik yang punya masalah belajar. Ini serius, mereka cuma bisa belajar pake satu gaya aja, misalnya lewat suara. Jadi, baca-baca atau dengerin pelajaran penting banget buat mereka. Terus, mereka juga bisa susah banget ngerti bahasa yang digunakan atau materi pelajaran. Kadang, mereka juga gak pede, susah fokus lama, gitu deh.
  3. Peserta didik yang hebat banget. Mereka bisa ngerti pelajaran dengan cepat, trus bisa mikir lebih dalam, tingkat tinggi gitu. Nah, mereka juga biasanya jago jadi pemimpin di kelompoknya.

F. Modul Pembelajaran

Model pembelajaran itu kayak kerangka aturan buat belajar yang sistematis gitu, lo. Ada macem-macemnya, kayak yang pas guru ngajar langsung di depan kelas, yang jarak jauh lewat internet alias PJJ Daring, yang jarak jauh tapi ga pake internet alias PJJ Luring, terus yang campur aduk gitu, namanya blended. Jadi, tiap model punya caranya sendiri buat bikin kita belajar dengan lebih terstruktur dan efektif. Keren, kan?

Download Modul Ajar Bahasa Indonesia

Berikut modul ajar Bahasa Indonesia kelas 4 kurikulum merdeka, bisa didapatkan melalui dowloadmin.com atau link dibawah ini:

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 2

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *